Selasa, 19 Januari 2010

Mengembalikan setting folder option Windows XP

Sering sekali Saya dihadapi atau menemukan masalah pada komputer yang tidak dapat menampilkan file/folder yang di-hidden.

Dalam keadaan normal, kita dapat mengaktifkan "Show hidden files and folders" melalui Tools > Folder Option pada Windows Explorer.




Apabila setelah Anda memilih "Show hidden files and folder" tersebut namun hidden files/folders tidak juga terlihat, bahkan pilihan tersebut kembali pada posisi "Do not show hidden files and folders", maka besar kemungkinan komputer Anda terkena virus , worm, ataupun trojan.

Virus tersebut bisa jadi masih ada bisa juga sudah tidak ada, namun virus biasanya meninggalkan setting-an yang telah dirubahnya. Untuk memastikan, langkah terbaik adalah melakukan scanning dengan antivirus terbaik dan tentunya ter-update. Jika virus sudah tidak ada, hal yang perlu dilakukan adalah mengembalikan beberapa setting-an yang biasanya dirubah oleh virus tersebut, yaitu dengan cara:

  1. Buka Menu REGEDIT pada sistem dengan cara Start Menu > Run, lalu ketikkan REGEDIT. setelah OK akan muncul windows "Registry Editor".
  2. Buka HKEY_LOKAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Explorer > Advanced > Folders.
  3. Buka Hidden > NOHIDDEN, setting CheckedValue: 2; Devault Value: 2.
  4. Buka Hidden > SHOWALL, setting CheckedValue 1; DefaultValue: 0.
  5. Buka HideFileExt, setting CheckedValue: 0; DefaultValue: 0; UncheckedValue: 1.
  6. Buka SuperHidden, setting CheckedValue: 0; DefaultValue: 0; UncheckedValue: 1.

Setting folder Option Anda akan kembali seperti semula.
Mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar